Cara Mengobati Kucing Luka Bolong Secara Efektif

Posted on

Cara mengobati kucing luka bolong merupakan suatu hal paling penting yang seharusnya perlu mendapat perhatian penuh dari setiap pemilik kucing.

Cara mengobati kucing luka bolong merupakan suatu hal paling penting yang seharusnya perlu mendapat perhatian penuh dari setiap pemilik kucing. Dan ketahuilah, ini termasuk pula sebagai bentuk pertolongan pertama pada kucing agar luka tersebut tidak semakin parah.

Biasanya, timbulnya luka bolong pada kucing di picu dari berbagai faktor. Entah itu karena gigitan hewan atau bahkan bisa pula akibat terlibat kecelakaan. Tak jarang pula luka tersebut muncul karena kucing kalian terserang penyakit tertentu, abses, borok dan tumor kucing misalnya.

Namun jika kondisi lukanya sudah benar-benar bolong dan parah, yang perlu kalian pikirkan bukanlah mencari penyebabnya, tetapi bagaimana cara mengobati kucing luka bolong tersebut. Sebisa mungkin, berikanlah obat maupun penanganan yang tepat agar lukanya tidak semakin parah.

Dalam publikasi kali ini, mamakucing.com akan memberikan beberapa tips yang saya pikir cukup ampuh untuk menyembuhkan luka bolong tersebut. Jadi, silahkan simak seperti apa penanganan yang ideal dan apa saja persiapan-nya!

Cara Mengobati Kucing Luka Bolong

Cara Mengobati Kucing Luka Bolong Secara Efektif
Jika kalian benar-benar menyayangi kucing tersebut, maka jangan biarkan luka bolong itu membuatnya merasa kesakitan dan tak dapat bergerak riang lagi. Segera tangani dengan cepat dan menggunakan berbagai tips efektif. Berikut ini merupakan 7 cara mengobati kucing luka bolong agar kondisinya segera pulih:

1. Siapkan Peralatan dan Obat

Sebelum mengobati kucing yang terluka tersebut, berbagai peralatan dan obat-obatan wajib disiapkan agar cara mengobati kucing luka bolong yang kalian lakukan dapat berjalan secara sempurna. Beberapa peralatan yang dapat kalian gunakan yaitu:
  • Sarung tangan medis.
  • Kain kasa steril.
  • Dan alat pendukung lainnya.
Sementara itu, beberapa obat yang mamakucing.com sarankan ialah sebagai berikut:
  • Air hangat.
  • Salep antibiotik.
  • Sabun antibiotik.
Beberapa obat serta peralatan di atas merupakan berbagai persiapan yang kerap digunakan oleh beberapa dokter hewan (tidak semuanya). Jadi, walaupun kalian saat ini berperan sebagai pengasuh sekaligus pemilik kucing tersebut, maka berperan pula lah  menjadi layaknya dokter hewan.

2. Cuci Tangan Sampai Bersih

Mencuci tangan adalah tahapan yang tidak boleh kalian lupakan sebelum mempraktikan cara mengobati kucing luka bolong ini dengan serius. Tindakan bertujuan untuk menghilangkan bakteri maupun yang mungkin menempel di telapak atau sela-sela jari tangan.
Selain itu, tindakan ini berguna pula agar penyakit atau luka bolong pada kucing tersebut selalu terhindarkan dari bakteri apapun. Dengan begitu, kondisinya tidak semakin buruk setelah dilakukannya pengobatan oleh kalian.
Sebaiknya gunakan sabun untuk membersihkan tangan, lalu bilas lah sampai benar-benar bersih. Dengan begitu, kondisi kedua tangan kini steril dan dapat memegang kucing tersebut.

3. Kendalikan Kucing Supaya Tenang

Bagaimana mungkin kalian dapat memberikan pengobatan  jika kucing selalu bersikap agresif dan enggan di pegang. Oleh sebab itu, cara mengobati kucing luka bolong selanjutnya adalah mengendalikan kondisinya supaya tetap tenang dan nyaman.
Namun dari kebanyakan kasus, ketika kalian hendak membersihkan luka bolong tersebut, sikap kucing selalu agresif. Mungkin dia merasa kesakitan atau memang tidak nyaman dengan diri kalian.
Jelas bahwa sikap kucing yang seperti itu adalah tantangan baru untuk kalian. Tetapi jika menginginkan kucing sembuh dari sakitnya, lebih baik meminta bantuan orang lain daripada membiarkan luka tersebut tanpa memberikan pengobatan apapun.
Coba panggil teman atau saudara, keluarga juga boleh. Setelah itu, perintahkan dia untuk memegang kucing dengan penuh lembut. Sesekali, berikan pula pengalihan untuk kucing agar perhatiannya tidak terfokus pada luka sera sikapnya.

4. Periksa Pada Bagian Luka

Cara mengobati kucing luka bolong selanjutnya yaitu dengan memeriksa bagian lukanya dengan teliti. Coba perhatikan ukuran lebar luka tersebut serta kedalamannya. Pastikan pula bahwa di bagian luka tersebut tidak terlihat adanya masalah serius, sehingga pengobatannya dapat kalian lakukan sendiri di rumah.
Namun apabila terlihat adanya tanda-tanda infeksi, maka sebaiknya minta bantuan tim medis agar penangannya lebih terjamin.
Dalam kondisi yang disertai infeksi, biasanya pada bagian luka akan terlihat bengkak, luka memerah,dan bahkan mengeluarkan cairan. Jadi, jika kalian melihat tanda-tanda semacam ini ketika memeriksa lukanya, sebaiknya bawa kucing kalian ke dokter hewan terdekat.

5. Bersihkan Luka Bolong Pada Kucing

Sebagai langkah penanganan secara mandiri, cara mengobati kucing luka bolong ini dapat kalian lakukan dengan membersihkan area yang saat itu tengah luka. Jadi, tindakan paling ideal agar kondisinya bisa cepat pulih adalah sebagai berikut:
  1. Pakailah sarung tangan medis.
  2. Tuangkan air hangat ke wadah secukupnya.
  3. Tambahkan sabun antiseptik.
  4. Siram lukanya menggunakan air hangat bercampur antiseptik tersebut.
  5. Bersihkan menggunakan jari dengan lembut.
  6. Bilas luka yang sudah dibersihkan.
Cobalah untuk membersihkan-nya dengan penuh lembut dan sampai kotoran di bagian luka dan area sekitarnya benar-benar bersih.

6. Keringkan Luka Bolong Yang Sudah Dibersihkan

Dalam tahapan cara mengobati kucing luka bolong ini, kalian perlu menerapkan berbagai upaya berurutan dan tepat agar kucing tetap tenang sera tidak merasa kesakitan. Berikut cara mengeringkan luka tersebut setelah dibersihkan:
  1. Ambil kain kasa steril yang sebelumnya telah kalian siapkan.
  2. Hindari menyentuh bagian kain kasa yang akan kalian gunakan untuk mengeringkan luka.
  3. Buat gulungan kecil kain kasa steril.
  4. Tempatkan gulungan kain kasa steril ke bagian luka tersebut dengan lembut.
  5. Pastikan bahwa semua luka maupun area sekitar tertutup sepenuhnya.
  6. Tekan kain kasa dengan lembut agar kelembaban dan cairan pada area luka dapat terserap. (jangan menggosok-kan kain ke luka agar tidak menimbulkan iritasi).
  7. Ganti kain kasa baru apabila kondisinya sudah mulai lembab. Hal ini berguna agar kain kasa dapat menyerap seluruh cairan maupun air secara maksimal.
  8. Lakukan penggantian kain kasa secara berulang sampai kondisi luka benar-benar kering.
Setelah selesai, kumpulkan kain kasa tersebut lalu buang ditempat aman agar penyakit atau bakteri tidak menular ke kucing lainnya.

7. Oleskan Salep Antibiotik ke Area Luka

Salep antibiotik, dalam cara mengobati kucing luka bolong ini berperan penting untuk mencegah kucing dari masalah lain yang lebih serius, infeksi misalnya. Selain itu, salep ini berperan pula untuk menyembuhkan lukanya dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, segera oleskan salep tersebut dengan benar.
Caranya adalah, ambil salep tersebut dengan ujung jari secukupnya lalu oleskan dengan lembut ke are luka secara menyeluruh. Namun perlu kalian ingat! Pastikan lah bahwa kondisi lukanya sudah tidak mengandung cairan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *