10 Pertolongan Pertama Kucing Tertabrak Untuk Menyelamatkan Nyawanya

Posted on

Namun apakah kalian tahu apa saja semua pertolongan tersebut?

Tanpa kalian sadari, hadirnya hewan peliharaan yang satu ini benar-benar menuntut pengasuhnya supaya memiliki pengetahuan dasar atas pertolongan pertama yang tepat. Khususnya ketika kucing tertabrak kendaraan atau kecelakaan lain yang disebabkan oleh kelalaian.

Mengapa pengetahuan terhadap pertolongan pertama kucing tertabrak itu sangat penting? Karena upaya penyelamatan yang akan kalian berikan dapat merubah keadaan kucing itu sendiri, “apakan akan membuat kondisinya semakin membaik atau justru kehilangan nyawanya”.

Dari sinilah, pemahaman yang mendalam harus kalian miliki. Jangan sampai menyesal karena salah memberikan pertolongan pertama kucing tertabrak.

Berbicara tentang langkah penyelamatan, mamakucing.com punya beberapa tips jitu agar kondisi kucing lekas membaik dan nyawanya dapat terselamatkan. Jadi, sebaiknya baca beberapa rangkuman yang sudah tersusun dalam konteks berikut!

Pertolongan Pertama Kucing Tertabrak Yang Harus Catlovers Pahami

Pertolongan Pertama Kucing Tertabrak
Ilustrasi gambar by mamakucing.com

Kucing tertabrak kendaraan adalah salah satu kecelakaan yang akhir-akhir ini sering terjadi, dan mungkin hal ini akan mengejutkan bagi pemilik hewan peliharaan tersebut. Jika kalian menyadari peristiwa itu, lebih baik segera berikan pertolongan pertama. Jangan sampai si kucing merintih kesakitan dan berujung fatal. Berikut beberapa pertolongan kucing tertabrak kendaraan yang dapat kalian berikan:

1. Kendalikan Situasi

Ketika melihat atau menyadari adanya kucing yang tertabrak kendaraan, langkah pertama yang harus kalian terapkan adalah mengendalikan situasi saat itu. Pertama, coba tenangkan diri sendiri dan jangan merasa panik meskipun sudah melihat kondisi kucing yang merintih kesakitan.

Buatlah kondisi sekitar menjadi aman, baik itu untuk diri sendiri atau untuk si kucing. Lalu, jangan biarkan ancaman lain datang menghampiri kucing yang dapat membuat kondisinya semakin parah.

2. Evaluasi Kondisi Kucing

Mengevaluasi kondisinya juga termasuk pertolongan pertama kucing tertabrak yang dapat kalian berikan. Caranya adalah, perhatikan kondisi kesadaran kucing. Hal ini berguna untuk memastikan apakah kucing masih bernafas atau sebaliknya.

Periksa pula luka atau cedera yang dialami kucing tersebut. Jika evaluasi tersebut telah selesai, namun kucing tetap tidak merespon atau sudah bernafas, segera hubungi Tim medis khusus hewan terdekat.

3. Datangkan Bantuan

Seperti yang sudah mamakucing.com sebut di atas, “Hubungi tim medis sesegera mungkin” jika kucing terlihat parah dan kondisinya sangat atau makin kritis. Dengan mendatangkan bantuan dari TIM medis, maka pertolongan pertama kucing tertabrak ini akan menjadi lebih tepat daripada dilakukan sendiri.

Namun sayangnya, jarak tempuh dan situasi di perjalanan terkadang membuat tim medis terlambat untuk memberi penanganan. Oleh sebab itu, kalian perlu  memberikan pertolongan lanjutan lainnya walaupun sifatnya sementara.

4. Hangatkan Tubuh Kucing

Sambil menunggu penjemputan dari tim medis, coba jaga suhu tubuh kucing supaya tetap terjaga kehangatannya. Kalian dapat memberikan kehangatan ini ketika kucing tengah mengalami kejutan atau bahkan syok berat.

Pakailah handuk atau kain tebal untuk menciptakan kehangatan yang lebih ideal untuknya. Lalu apabila kondisinya terus memburuk, cobalah periksa bagian luka yang dialaminya.

5. Hentikan Pendarahan Nya

Kecelakaan yang melibatkan kucing, biasanya menimbulkan luka berat yang dapat menimbulkan pendarahan hebat. Jadi, menghentikan pendarahan termasuk dalam upaya pertolongan pertama kucing tertabrak kendaraan.

Untuk melakukannya, gunakanlah perban atau kain apapun yang bersih. Segera balut luka yang mengalami pendarahan menggunakan perban dan dengan lembut supaya kucing tidak merasa kesakitan. Guna memaksimalkan upaya ini, gantilah perban apabila kondisinya memang sudah tidak sanggup lagi untuk menahan pendarahan.

6. Hindari Pemberian Pakan dan Minum

Jika memang kondisinya sudah terlalu parah, sebaiknya tidak memberikan pakan apapun atau minum terhadap kucing. Upaya pencegahan ini berguna agar kucing tidak mengalami risiko komplikasi atau bahkan aspirasi.

Lebih baik, tunggu tim penyelamat datang. Lalu biarkan pertolongan pertama kucing tertabrak ini dilakukan oleh ahlinya supaya kucing dapat segera dipulihkan.

7. Jangan Memindahkan Kucing Yang Tertabrak

Terkadang kucing yang tertabrak oleh kendaraan, ia akan mengalami masalah patah tulang. Mirisnya, patah tulang itu tidak hanya terjadi di satu titik saja, tetapi di beberapa bagian tulangnya.

Untuk menghindari kerusakan tulang yang membuat kondisi kucing semakin parah, jangan sesekali memindahkannya dari lokasi sebelumnya. Lebih baik biarkan ia berada di tempat kejadian, sampai ia merasa bahwa kondisinya membaik.

8. Jangan Berikan Stimulasi Eksternal Secara berlebihan

Tahukah kalian bahwa kucing yang tertabrak umumnya akan mengalami stres. Oleh karena itu, yang ia butuhkan saat itu adalah ketenangan. Jadi, jangan sesekali memberikan stimulasi yang membuat dirinya merasa terganggu.

Stimulasi eksternal ini mencakup dua hal yaitu suara dan sentuhan. Jadi, jangan memberikan stimulasi semacam itu secara berulang. Setelah proses evaluasi terhadap kondisinya selesai, biarkan terlebih dahulu si kucing memenangkan dirinya.

9. Buat Catatan Informasi

Jika kalian benar-benar serius untuk menyelamatkan kucing yang tertabrak, maka membuat catatan informasi ini sangat penting sebagai bentuk pertolongan pertama kucing tertabrak. Mengapa? Berikut klasifikasinya!

Ketika kalian menghubungi dokter hewan, jelas ia akan meminta beberapa informasi yang menjadikan kondisi kucing terlihat terluka. Biasanya mencakup beberapa hal, termasuk: waktu kejadian, tanda-tanda adanya cedera, adanya perubahan perilaku dan sifat setelah kecelakaan menimpanya.

Meskipun dokter hewan sanggup memberikan penanganan terbaik, tetap saja catatan informasi ini akan sangat diperlukan agar sang dokter dapat memberikan penangan yang lebih tepat. Jadi, buatlah catatan sedetail mungkin, lalu simpan catatan tersebut.

10. Beri Dukungan Emosional

Dukungan terhadap emosional juga termasuk dalam pertolongan pertama kucing tertabrak kendaraan. Ya, meskipun memberikan stimulasi berlebihan dapat membuatnya terganggu, tetapi dukungan ini tidak akan memberi pengaruh apapun dalam hal mengusik kenyamanan. Justru dukungan emosional yang tepat dapat membuat kucing merasa lebih nyaman dan rileks.

Memang, kucing tidak dapat berbicara dengan menggunakan bahasa seperti kita. Namun belaian lembut dapat memberitahunya bahwa kalian adalah salah satu orang yang merasa kasihan terhadapnya. Dan mungkin saja dia tahu bahwa kalian lah yang akan menolongnya.

Dengan memberikan interaksi sentuhan lembut kepada si kucing, jelas dapat menenangkannya dari stress maupun syok. Jadi, terapkanlah tindakan semacam ini sebagai pertolongan pertama kucing tertabrak untuk meringankan beban akibat kondisinya yang memburuk.

Ketahuilah, semua pertolongan pertama dari mamakucing.com di atas bersifat sementara saja dan tidak dapat menyembuhkan luka bagi kucing. Maka dari itu, setelah pertolongan pertama ini kalian berikan, segera datangkan tim medis untuk menyelamatkan nyawanya.

Akhir Kata

Sudahkah kalian menerapkan beberapa upaya penyelamatan seperti yang sudah mamakucing.com sebutkan di atas? Jika peristiwa kecelakaan itu menimpa kucing kalian, sebaiknya jangan biarkan kucing merasa kesakitan.

Tetap terapkan semua pertolongan pertama di atas, lalu panggil dokter hewan sesegera mungkin agar luka yang dialami kucing segera pulih. Dengan begitu, kondisi kucing akan segera membaik berkat dukungan pertolongan pertama kucing tertabrak dan pertolongan lanjutan dari dokter hewan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *